cover
Contact Name
Yolanda Pahrul
Contact Email
yolandapahrul@gmail.com
Phone
+6285263913430
Journal Mail Official
journalteacher59@gmail.com
Editorial Address
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Journal On Teacher Education (Jote)
ISSN : 26861895     EISSN : 26861798     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, mathematics education, physics education, chemical education, management education, educational guidance and counseling and other practical studies. Journal On Teacher Education publish publications twice a year, in September and March. This journal is registered with E-ISSN: 2686-1798 and P-ISSN: 2686-1895.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2023): Inpress Journal on Teacher Education" : 5 Documents clear
Pendidikan Moral Anak Usia Dini Melalui Pengasuhan Etnis Batak Mandailing Masridah Lubis; Fuji Rahmadi P
Journal on Teacher Education Vol. 5 No. 2 (2023): Inpress Journal on Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v5i2.20086

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana proses penanaman nilai moral dalam pengasuhan etnis Batak Mandailing di Desa Sosa Timur Padang Lawas dan apa saja hambatan dalam menanamkan nilai moral kepada anak dalam pengasuhan etnis Batak Mandailing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pendidikan moral yang ditanamkan oleh keluarga etnis Batak Mandailing kepada anak usia dini merupakan bagian dari pengembangan diri anak yang telah dirumuskan dalam pengembangan aspek perkembangan anak. Pendidikan moral yang diterapkan adalah pembiasaan berkasih sayang, berprilaku baik, santun dalam beraktivitas, berbicara dengan sopan kepada siapa saja dan membiasakan untuk tolong menolong kepada siapa saja yang ada di lingkungan sekitar. Adapun hambatan dalam menanamkan nilai moral kepada anak usia dini di Desa Sosa Timur yaitu lingkungan bermain anak yang tidak mencerminkan moral yang baik, tidak adanya filterisasi dalam tontonan anak, dan selanjutnya keterlibatan nenek yang terlalu memanjakan cucu dalam proses pengasuhan.
Penanaman Nilai Multikultural pada Anak di PAUD Az-Zahra Sihepeng Dua Mandailing Natal Farida Hanum; Ristra Sandra Ritonga
Journal on Teacher Education Vol. 5 No. 2 (2023): Inpress Journal on Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v5i2.20087

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Penanaman Nilai Multikultural Pada Anak Di Paud Az-Zahra Sihepeng Dua Mandailing Natal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang mendeskripsikan data menggunakan rangkaian kalimat dan Metode yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara percakapan dua orang atau lebih mengenai suatu masalah tertentu dapat berupa tanya jawab untuk menghasilkan data yang diperlukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penanaman nilai Multikultural Pada Anak Di Paud Az-Zahra Sihepeng Dua Mandailing Natal yaitu dengan cara memberi memotivasi, menasehati, mendidik, membimbing, dan menjadi model teladan. Penanaman nilai kebhinekaan dengan cara memberi arahan bahwa meskipun kita berbeda budaya, suku, ras dan agama kita berstatus sama. Penanaman nilai toleransi dengan mengenalkan sifat-sifat baik kepada anak usia dini dengan cara pembiasaan, pemberian nasehat pada anak usia dini saat pelajaran dikelas. Penanaman nilai toleransi melalui metode bercerita, menunjukan bahwa budaya di Indonesa berbeda. Penanaman nilai kemanusian menggunakan media gambar karena gambar merupakan salah satu media rancangan yang sederhana, menarik minat anak. Penanaman nilai kearifan lokal seperti pembiasaan tadarus, berjanjen, ziarah kubur.
Penanaman Nilai Moral pada Anak Usia Dini : Studi Komparasi Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Thomas Lickona Nurhasanah Nurhasanah; Abdi Syahrial
Journal on Teacher Education Vol. 5 No. 2 (2023): Inpress Journal on Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v5i2.20088

Abstract

Dengan adanya arus globalisasi yang sekarang ini sedang terjadi dapat membawa dampak yang bisa berakibat pada lemahnya karakter dari berbagai jenjang salah satunya yaitu terhadap anak usia dini. Maka dari itu perlu untuk dikritisi bahwa pada dasarnya pembentukan harus dimulai dari akar pondasinya sehingga dapat terbentuk karakter sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejumlah karya keduanya baik pemikiran dari tokoh Thomas Lickona maupun Ki Hadjar Dewantara. Metode yang digunakan yaitu studi kepustakaan. Hasilnya yaitu pandangan Thomas Lichona tentang nilai karakter yang diawali dengan knowing, filling dan action hal ini akan mengajarkan pada pendewasaan dan memanusiakan individu. sedangkan pandangan dari Ki Hadjar Dewantara yaitu dengan perbuatan budi pekerti yang diwujudkan dalam tindakan maupun perilaku. Penanaman nilai karakter yang dapat ditanamkan yaitu sudut pandang pendidikan harus humanis (tanpa paksaan dan perintah), dari sudut pandang orientasi pendidikan (pikiran, karakter, dan jasmani) dan dari sudut pandang pengembangan atau sistem among.
Pola Asuh Ayah dalam Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini di Desa Tanjung Padang Lawas Rokiah Daulay; Ristra Sandra Ritonga
Journal on Teacher Education Vol. 5 No. 2 (2023): Inpress Journal on Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v5i2.20151

Abstract

Peran ayah dalam sebuah keluarga tidak hanya terbatas pada mencari nafkah, tetapi juga berperan secara aktif dalam pengasuhan anak dan mengawal perkembangan anak dari masa ke masa, yang meliputi kemampuan kognitif, perilaku dan hubungan sosial, serta kesehatan mental dan fisik anak. Kehadiran ayah sebagai kepala keluarga atau pemimpin membuat ayah sering kali dijadikan idola dan panutan bagi anak-anaknya. Perilaku prososial anak dipengaruhi oleh sosok idola anak yaitu seorang ayah. Tujuan penelitian ini untuk melihat pola pengasuhan yang dilakukan setiap ayah dalam membentuk perilaku prososial anak usia dini di Desa Tanjung Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik angket questionnaire dan observasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pola asuh ayah dalam perilaku prososisal anak yaitu rata-rata ayah selalu menerapkan pola autoritatif sebesar 36% dengan kategori kurang, intensitas kadang-kadang dari pola asuh permisif ebesar 58% dengan kategori cukup, intensitas kadang-kadang dari pola asuh otoriter sebesar 39% dengan kategori kutang, serta intensitas kadang-kadang perilaku prososial sebesar 35% dengan kategori kurang. Rendahnya hasil pola asuh ayah dipengaruhi oleh faktor sosiodemografi yang meliputi usia, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan serta keterlibatan intensitas komunikasi. Sedangkan rendahnya perilaku prososial karena dipengaruhi oleh modeling dari orang tua, komunikasi, dan kebiasaan.
Pengasuhan Orang Tua Karir dan Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di Desa Sihepeng Dua Mandailing Natal Fatima Zahra; Sofni Indah Arifa Lubis
Journal on Teacher Education Vol. 5 No. 2 (2023): Inpress Journal on Teacher Education
Publisher : Universitas Pahlawan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jote.v5i2.20152

Abstract

Orang tua adalah sentral pembentuk perilaku anak sejak dini. Kesibukan orang tua bukan berarti hilangnya tanggung jawab mengasuh meski mayoritas waktu dihabiskan ditempat kerja, orang tua hendaknya tetap memberikan pengasuhan yang tepat saat mereka berada di rumah dan tetap berinteraksi dengan anak-anak. Salah satu perkembangan yang potensial untuk diberikan stimulus adalah perkembangan emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gaya pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua karir di Desa Sihepeng Dua Mandailing Natal dan bagaimana perkembangan emosional anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa orangtua karir di Desa Sihepeng Dua menggunakan pola pengasuhan permisif dan demokratis yang dengan hal tersebut anak dapat dengan mudahnya mendapatkan apa yang diinginkannya tanpa usaha yang harus dikerjakan. Hal tersebut menjadikan anak menjadi seseorang yang merasa bahwa semua yang diinginkannya harus ia dapatkan bagaimanapun caranya, dampak dari pengasuhan yang dilakukan orang tua terhadap perkembangan emosional, anak menjadi kurang berkembang dikarenakan sibuknya orang tua dan waktunya banyak dihabiskan oleh ibu pendamping pengganti orang tuanya yang bekerja. Oleh karena itu, orang tua memiliki peran penting yang sangat besar terhadap tumbuh kembang anak terutama pada perkembangan emosional anak serta keberhasilan anak tidak terlepas dari bimbingan dan motivasi dari orang tuanya sendiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 5